Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun. Selain pertumbuhan terhambat, stunting juga dikaitkan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal, yang menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang kurang, serta prestasi sekolah yang buruk. Stunting dan kondisi lain terkait kurang gizi, juga dianggap sebagai salah satu faktor risiko diabetes, obesitas dan kematian akibat infeksi.

Waktu terbaik untuk mencegah stunting adalah selama kehamilan dan dua tahun pertama kehidupan. Stunting di awal kehidupan akan berdampak buruk pada kesehatan, kognitif, dan fungsional ketika dewasa. Pemenuhan gizi anak dapat ditempuh dengan cara memberi asupan ASI yang cukup kepada anak. Salah satu hal yang menjadi masalah bagi ibu adalah ASI yang tidak mampu mencukupi asupan ASI si kecil.

Pada tahun 2001 M Rizal Martua Damanik, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB meneliti kandungan laktogogum yang terdapat dalam daun Torbangun yang mampu dalam memperlancar dan menambah produksi ASI bagi ibu menyusui. Dalam penelitian yang dilakukan Prof Rizal, ternyata daun torbangun bersifat sebagai laktagogum. Sayur torbangun yang mulai dikonsumsi sekitar 150 gram per hari sejak hari pertama melahirkan dan berlangsung selama 30 hari ini terbukti mampu meningkatkan produksi ASI hingga 65% dibandingkan dengan obat- obatan dan herbal serupa lainnya. Di tahun 2011, penelitian ini pun dilirik oleh dunia hingga masuk dalam jurnal internasional. Daun torbangun ini memiliki 10 komponen aktif yang bisa meningkatkan produksi ASI dan bersifat sebagai laktagogum, salah satunya mengandung asam lemak rantai ganda yang berhubungan dengan kelenjar air susu sehingga mampu menstimulasi produksi ASI. Komposisi asam lemak dan kandungan gizi mikro pada laktagogum dari torbangun pun lebih tinggi dibandingkan dengan laktagogum lain.

HAPPY TOR (healthy pudding of Torbangun) adalah pudding sehat yang dapat dikonsumsi ibu menyusui, kandungan dalam pudding ini mampu membantu penambahan produksi ASI serta juga dapat menambah kualitas kandungan ASI. Daun Torbangun dapat ditambahkan dalam pembuatan pudding, pemilihan pudding karena banyak ibu modern zaman sekarang yang tertarik dalam mengonsumsi sesuatu yang dikemas dalam sesuatu yang disukai kebanyakan orang pada zaman sekarang. Pengolahan HAPPY TOR dapat dilakukan dengan cara diekstrak sebelum di campurkan ke dalam adonan pudding. Pudding dapat divariasikan sesuai dengan selera masyarakat saat ini sehingga mampu bersaing dengan produk olahan makanan sehat lainnya dan banyak diminati.

Penulis : Rahma Melia Fitri
Editor : Nanang ST

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here