Kehamilan adalah proses penting bagi seorang wanita Saat hamil , banyak terjadi pertumbuhan dan perkembangan awal janin yang dapat menentukan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Hal ini membuat kita harus memberikan perhatian ekstra pada kehamilan. Kesehatan bumil dan janin yang kurang maksimal bisa membuat keduanya rentan mengalami berbagai risiko mengkhawatirkan saat persalinan atau pun selama kehamilan berlangsung.

Tak hanya untuk kehamilan pertama, menjaga kesehatan selama kehamilan juga penting dilakukan untuk kehamilan kedua, ketiga juga seterusnya. Nah, agar kehamilan tetap sehat dan terhindar dari masalah sampai waktunya melahirkan, ada beberapa trik penting yang perlu diterapkan. Boleh saja ibu hamil melakukan aromaterapi mengingat manfaatnya bisa meringankan keluhan-keluhan seperti lelah, stres, pegal, emosi tidak stabil, mual, nyeri punggung, bahkan dapat memperlancar persalinan. Namun harus diperhatikan, beberapa jenis aroma bisa merangsang terjadinya kontraksi bahkan keguguran.

Aromaterapi baru boleh dilakukan jika usia kandungan sudah di atas 4 bulan. Pasalnya, beberapa minyak esensial yang digunakan bersifat emmenagogue atau melancarkan aliran darah di area rahim. Bila usia kehamilan di bawah 4 bulan, dikhawatirkan dapat memicu keguguran. Pilihlah penyedia jasa aromaterapi yang memiliki tenaga ahli yang tahu betul rambu-rambu aromaterapi pada ibu hamil. Dengan begitu mereka dapat memberikan yang tepat, baik jenis maupun dosis pencampurannya, sehinga aman bagi ibu hamil. Lalu, pilihlah posisi yang nyaman seperti duduk atau setengah duduk.Ibu hamil juga harus menjaga asupan makanan karena janin di dalam kandungan memperoleh asupan dari makanan yang dikonsumsi ibunya. Seperti, asam folat, kalsium, zat besi, seng, dan serat. Sebaiknya kebutuhan asam folat yang harus dipenuhi sekitar 600 mikrogram, terutama selama trimester pertama. Asam folat ini sangat dibutuhkan dalam pembentukan awal otak dan sumsum tulang belakang janin.Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hal ini, berisiko janin mengalami gangguan pertumbuhan, mengganggu proses kelancaran kehamilan dan mengganggu kesehatan ibu sendiri.

Selain menjaga asupan makanan, kebutuhan akan cairan juga harus terpenuhi. Pada kehamilan trimester akhir, tekanan uterus atau rahim ke kandung kemih meningkatkan dorongan untuk buang air kecil. Supaya terhindar dari dehidrasi, disarankan meminu air putih minimal 2 liter per hari. Kebutuhan kalsium yang harus dipenuhi sekitar 1200 mg yang berperan pentimg dalam pembentukan tulang dan gigi anak. Kebutuhan zat besi juga harus sebanyak 30 mg per hari agar Anda terhindar dari anemia. Kebutuhan seng juga meningkat selama kehamilan, setidaknya 15 mg per hari. Dan tidak ketinggalan adalah serat. Serat dapat mencegah Anda dari sembelit yang biasanya terjadi saat hamil.

Saat hamil, sebaiknya mengatur waktu untuk pemeriksaan di dokter Pemeriksaan kehamilan secara rutin dibutuhkan untuk memantau kondisi kehamilan dan kesehatan diri sendiri, terlebih lagi jika usia sudah tidak muda lagi. Pada saat hamil, risiko komplikasi mungkin terjadi, seperti hipertensi dan diabetes gestasional. Untuk mencegahnya atau mengobatinya lebih dini, disarankan memeriksakan kandungan ke dokter. Dokter juga akan merekomendasikan untuk mengonsumsi berbagai suplemen prenatal jika diperlukan. Hal ini juga bertujuan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin>.

Walauppun sedang hamil namun aktivitas sepeti biasa akantetap berlanjut .Saat hamil seorang tersebut akan merasa cepat lelah, bukan berarti ibu hamil dianjurkan bermalas-malasan atau tidak melakukan apapun. Hal ini sesuai yang dituturkan oleh dr.Meidina bahwa usahak an melakukan saja aktivitas seperti biasa, terutama di usia kehamilan 36 minggu untuk membantu kelancaran proses persalinan,” imbuh dr Meidina. Ibu hamil sangat dianjurkan berolahraga supaya kebugaran tubuhnya terjaga. Tentu olahraganya harus sesuai dengan kondisi kehamilan nya, selain juga menyenangkan. Berolahraga bisa dilakukan sendiri di rumah atau di tempat lain seperti pusat pelatihan, arena olahraga, atau klub-klub tertentu. Bberapa olahraga yang relevan dengan ibu hamil seperti jalan santai, bersepeda, aerobik ringan yang bisa dilakukan di trimester kedua dan ketiga saat kandungan sudah lebih kuat.

Namun, menjelang persalinan, bersepeda dan aerobik tidak dilakukan lagi. Selain itu,Yoga khusus ibu hamil yang bermanfaat mengatasi pegal, memperlancar peredaran darah, juga membuat tubuh terasa lebih bugar. Berenang juga bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk meminimalkan risiko trauma pada persendian, selain itu akan memperkuat kerja otot jantung, otot dasar panggul, dan meningkatkan kebugaran. Berenang bisa dilakukan di usia kehamilan berapa pun. Kecuali pada kehamilan ganda, ketuban telah pecah, memiliki riwayat keguguran lebih dari 3 kali, atau gangguan jantung, berenang sebaiknya tidak dilakukan.

Tak lupa, ibu hamil harus menjaga waktu istirahat serta pola tidur supaya tidak cepat lelah, sebaiknya istirahat cukup selama 8-12 jam per malam. Jika ada waktu luang, disarankan juga untuk tidur siang selama 1-2 jam. Tidur terlalu malam mempengaruhi daya tahan alami tubuh, kekuatan fisik dan kulit. Untuk menjaga kesehatan janin, ibu hamil harus mempertahankan pola tidur yang baik.

Ibu hamil harus beruasaha untuk mempertahankan suasana hati yang damai dan bahagia yang dapat membantu mereka untuk mempertahankan kondisi tubuh yang sehat dan stabil. Sebaliknya, kondisi emosional dan gelisah dapat menyebabkan adanya peningkatan denyut jantung dan sirkulasi darah yang tidak stabil. Hal ini disebabkan suasana hati Ibu secara tidak langsung berpengaruh pada perkembangan janin. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk selalu menjaga suasana hati yang positif ketika menantikan kehadiran sang anak, sehingga proses kehamilan dan persalinan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, calon bayi juga akan menjadi sehat serta memiliki perkembangan emosional yang baik.

Saat masa kehamilan, cobalah menghindari diri dari rokok dan minuman berakohol. Menghirup asap rokok dapat menyebabkan kurangnya berat badan sang bayi, kelahiran prematur, meninggalnya bayi saat lahir, dan berbagai dampak merugikan lainnya. Selain rokok, alkohol juga dapat memperlambat pertumbuhan janin, perkembangan sistem saraf pusat yang tidak normal serta cacat fisik.

Ibu hamil disarankan untuk makan banyak buah dan sayuran untuk mencegah konstipasi/sembelit. Konstipasi merupakan salah satu masalah umum yang dihadapi oleh ibu hamil. Salah satu alasan utamanya adalah tekanan dari rahim pada perut sehingga membatasi pergerakan usus. Selain itu, perubahan sekresi hormonal juga dapat menyebabkan konstipasi. Kebanyakan ibu hamil menjadi kurang aktif selama kehamilan, sehingga dapat memperburuk masalah ini. Selain itu, usahakan memakai pakaian yang nyaman dan sesuai. Pada bulan ke-4 atau ke-5 kehamilan, inilah saatnya bagi ibu hamil untuk melakukan sedikit makeover pada lemari mereka. Baju hamil atau terusan rok merupakan pilihan yang tepat karena pakaian yang ketat dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan membatasi ruang gerak. Ibu hamil cenderung berkeringat lebih banyak, sehingga bahan pakaian yang menyerap keringat serta berongga merupakan pilihan terbaik. Keselamatan merupakan prioritas utama, hindari mengenakan sepatu hak tinggi. Beralihlah ke sepatu berhak rendah atau sepatu datar, karena jenis sepatu ini juga dapat membantu untuk mengurangi sakit punggung.

Ibu hamil harus rajin membaca buku tentang kehamilan dan cara mengasuh anak. Menjadi seorang ibu tentu bukan pekerjaan mudah, sehingga wajar bagi ibu hamil untuk khawatir tentang berbagai masalah pada awal masa kehamilan. Hal ini juga sangat dirasakan oleh banyak ibu yang merasakan hamil untuk pertama kali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here